Apa Yang Dimaksud Gagasan pokok, Idiom, Simpulan, Kalimat penjelas

ide pekok, BcStudi

Sejenak ada kalanya kita mengetahui apa itu gagasan pokok? apa itu simpulan? apa yang dimaksud idom dan kalimat ungkapan? Lalu, bagaimanakah cara mengetahui gagasan pokok tersebut dari sebuah cerita? terkadang kita bingung "bagaimana sih cara menemukan ide pokok?" saking bingungnya terpaksa nyontek :D *ga boleh dosa... disini Bcstudy akan menjelaskan arti kata tersebut .


Secara singkat gagasan pokok atau gagasan utama itu bisa disebut sebagai Ide, pokok-pokok pikiran, pikiran utama, inti pembicaraan dalam sebuah topik, adapun penjelasannya gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak atau beberapa kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan suatu topik / judul yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks. Gagasan pokok dengan mudah ditemukan dengan cara menjawab pertanyaan, Contoh "Paragraf tersebut membahas tentang apa?", jawaban pertanyaan tersebut merupakan gagasan pokok.

Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berasal dari ide pokok / gagasan pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Pada intinya kalau simpulan itu kata-katanya tidak harus sama persis dengan paragraf yang ada di soal. Simpulan biasanya diambil dari inti pokok pikiran setiap paragraf dan dari pokok-pokok pikiran tadi diringkas lagi sehingga menjadi singkat tetapi juga mencakup semua permasalahan yang ada dalam cerita atau wacana tersebut, itulah yang dimaksud simpulan.

Kalimat penjelas adalah pernyataan khusus, yang di rinci kan atau bagian-bagian yang menjelaskan sebuah kalimat utama atau gagasan pokok

Istilah adalah sebutan kalimat, nama atau kata yang dengan cermat mengungkapkan makna suatu konsep. Setiap disiplin ilmu mempunyai istilah masing-masing yang mungkin walaupun sama tapi artinya berbeda sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Istilah itu adalah suatu gabungan kata mempunyai sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah ada yang berupa kata ada juga yang berupa idiom atau ungkapan.

Idiom adalah gabungan kata yang menjadi satu kesatuan arti kata baru yang dirangkai dengan susunan tertentu sehingga sering tidak dapat ditebak artinya berdasarkan arti unsur pembentuknya. dan juga tidak dapat diketahui dari arti kata kata penyusunnya secara terpisah. (Idiom Bahasa inggris)

Ungkapan adalah suatu gabungan kata hampir sama dengan idiom atau suatu perkataan yang bersifat tetap dan digunakan untuk menyatakan suatu maksud dengan arti kiasan yang maknanya tidak secara langsung dapat dijabarkan dari unsur-unsurnya atau maknanya tidak sama dengan gabungan makna anggotanya. 
Sebagai contoh ungkapan BcStudy akan memberikan 2 contoh :
"Durian runtuh artinya mendapat keuntungan tanpa susah payah" 
Makna tersebut pastinya tidak sama dong dengan apa yang ada dalam pikiran kita "durian yang berjatuhan" (gratis dong) :D  ada pula contoh seperti ini 
"Makan garam artinya sebuah pengalaman" 
Maknanya bukan memakan garam dapur loh . hehe :D


Jadi berhati-hati dalam memaknai arti sebuah ungkapan bisa jadi salah arti sobat bisa malu sendiri, wkwkk ;)

terimakasih telah membacanya, mohon maaf bila ada sepatah dua kata yang salah arti ataupun yang menyinggung perasaan sobat,, bila ada salah mohon ditegur dan dikomen, bila tersinggung ya sudah pasrah, #eh salah,, boleh langsung dikomen,

Salam persaudaraan BcStudy


EmoticonEmoticon

.